KSI RESUME PERTEMUAN 3 DAN 4



KSI RESUME PERTEMUAN 3 DAN 4

Dimension of information system
            Sebelum membahas lebih jauh tentang Dimensi Sistem Informasi, kita perlu tahu apa itu sebenarnya atau apa makna dari Dimensi Sistem Informasi itu sendiri. Dimensi Sistem Informasi adalah dimana bahwa dalam sistem informasi itu sendiri memiliki beberapa dimensi yang berbeda dan terikat satu sama lain dan bisa mempengaruhi informasi yang di hasilkan. Disini Informasi itu sendiri terbagi atas 3 bagian di setiap level,nya. Ada 3 Level diantaranya adalah :
1.      Top Manajemen
2.      Middle Manajemen
3.      Low Manajemen
            Pada setiap tingkatan manajemen di atas memiliki fungsi dan penerimaan laporan tersendiri dan berbeda - beda. Pada tingkatan manajemen di atas Top Manajemen adalah tingkatan manajemen di tingkat yang paling atas atau teratas di bandingkan manajemen yang lain. Karena di tingkat Top manajemen juga memiliki beban pekerjaan dan tanggung jawab paling besar diantara manajemen yang lainnya.
ü  Top Manajemen.
            Hanya merancang strategis dari sebuah perusahaan, jadi seorang yang menjadi Top Manajemen mempunyai tugas strategis bagaimana caranya agar perusahaan semakin maju dengan rencana - rencana strategis yang telah di buatnya.
ü  Middle Manjemen.
            Bertugas untuk mengatur para Low Manajemen bagaimana agar tugas - tugas merka di kerjakan dengan baik dan benar serta menerima tugas dari seorang Top Manajemen. Maka sebenarnya yang di posisi yang cukup sulit adalah seorang Middle Manajemen.
ü  Low Manajemen.
            Bertugas melaksanakan dan melaporkan segala perintah dari seorang Middle Manajemen, yang bertindak sebagai pengatur dan pemanajemen seorang Low Manajemen.
Informasi Berkualitas
            Pada dasarnya informasi mempunyai kualitas tersendiri, contoh seperti Informasi yang bagus adalah informasi yang sesuai kenyataan dan fakta. Sedangkan informasi yang jelek adalah informasi yang sangat berbeda dengan kenyataan maupun fakta yang ada. Di sini Informasi yang Berkualitas adalah Informasi yang sesuai fakta dan kenyataan serta berarti bagi orang yang menerima informasi tersebut. Dan pada informasi tersebut mempunyai 3 dimensi yaitu :
A.    TIME
B.     CONTENT
C.     FORM
Business Intelligence Applications
            Pada Business Intelligence Applications mempunyai beberapa aplikasi di dalamnya, yaitu :
  1. DSS ( Decision Support System ) : Memberikan dukungan informasi yang interaktif.
  2. MIS ( Management Information System ) : Suatu informasi yang di gunakan untuk pengambilan keputusan.
  3. OLAP ( Online Analytical Processing ) : Kegiatan yang memungkinkan meneliti dan memanipulasi data dari berbagai sudut pandang.
  4. Data Mining : Kegiatan pemberian keputusan pada managerial.
  5. Knowledge Management System.


Sistem informasi fungsional
               Di dalam Sistem Informasi Fungsional terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
v SI Akutansi     : informasi tentang transaksi bisnis perusahaan.
v SI Keuangan   : informasi semua transaksi keuangan dan sumber daya keuangan
v SI Manufaktur : informasi pendukung perencanaan control dan dan solve untuk produk perusahaan.
v SI Pemasaran   : informasi kebutuhan aktivitas pemasaran perusahaan.
v SI SDM           : informasi aktivitas managemen personalia.

Sistem Informasi Akutansi
            Sesuai namanya bahwa sistem informasi ini biasa di gunakan di dalam bidang akutansi dalam sebuah perusahaan. dan SI Akuntansi Merupakan proses pengumpulan, menggolongkan, mengolah data, transaksi, menganalisis sebuah data.
            SIA (Sistem Informasi Akutansi) mempunyai beberapa tugas dasar yaitu :
ü  Pengumpulan data
ü  Memanipulasi data
ü  Manajemen data
ü  Pengolahan data
            Serta SIA mempunyai karakteristik tersendiri :
ü  Melaksanakan tugas
ü  Berpegang prosedur dasar\
ü  Menangani data secara rinci
ü  Berpolus pada historis
ü  Menyediakan informasi untuk pemecahan masalah
Sistem Informasi Keuangan
            Sistem informasi ini mempunyai beberapa kegunaan yaitu :
Ø  Penyediaan informasi untuk mendapat sumber daya dana internal dan eksternal
Ø  Informasi mengenai masalah keuangan peusahaan
Ø  Informasi laporan periodik , khusus, dan sistem dari sistem pakar
Sistem Informasi Manufaktur
            Adalah Sistem Informasi yang mendukung kegiatan produksi suatu perusahaan. dalam  Sistem Informasi ini terdapat komputer yang di gunakan untuk menjalankan Sistem informasi ini, antara lain sistem fisik dan sistem Informasi.
Sistem Fisik :
  • Computer Aided Design ( CAD ).
  • Computer Aided Manufacting ( CAM ).
  • Robotic.
Sistem Informasi :
  • ROP ( Reorder Point ).
  • Material Requirement Planning ( MRP I ).
  • Manufactur Resource Planning ( MRP II ).

1 komentar:

Ayuningtyas mengatakan...

Posting kamu ini harusnya bisa lebih rapi lagi sehingga enak dibaca (ukuran font dan posisi text) dan jangan lupa referensinya.

Posting Komentar