Manajemen Proyek
Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Proyek adalah
suatu usaha yang kompleks, tidak rutin, dibatasi oleh waktu, anggaran,
resource dan spesifikasi yang telah dirancang untuk dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa
manajemen proyek dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan untuk
melakukan perencanaan, pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian atas
sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan
tertentu dalam waktu dan sumber daya tertentu pula. Jadi, bisa
dikatakan manajemen proyek adalah cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek.
Di dalam manajemen proyek tersebut (PMBOK) terdapat beberapa kategori yaitu :
- Proyek Integerasi Manajemen.
- Proyek Scope Manajemen.
- Proyek Waktu Manajemen.
- Proyek Biaya Manajemen.
- Proyek Kualitas Manajemen.
- Proyek Sumber Daya Manusia Manajemen.
- Proyek Komunikasi Manajemen.
- Proyek Risk Manajemen.
- Proyek Prosedur Manajemen.
Proyek Scope Manajemen
Project Scope Management termasuk suatu proses yang dikembangakn
untuk mendefinisikan dan mengontrol apa yang termasuk atau tidak yang termasuk
dalam suatu proyek. Hal tersebut untuk memastikan tim proyek dan stakeholders
memiliki perngertian yang sama mengenai produk apa yang dihasilkan dari proyek
dan proses apa saja yang akan digunakan oleh tim proyek untuk menghasilkan
produk tersebut
Proyek Waktu Manajemen
Project time management dapat diartikan secara sederhana, melibatkan
proses yang dibutuhkan untuk memastikan waktu penyelesaian dari proyek.
Proyek Biaya Manajemen
Project Cost
management adalah salah satu elemen dari banyak elemen di Project Management, dan merupakan
elemen tiga terpenting yang paling banyak disebut oleh orang dalam Project Management : Cost, Schedule
dan Quality yang sering juga disebut "triple constrains" dalam
mencapai tujuan project.
mencapai tujuan project.
Proyek Kualitas Manajemen
Manajemen Mutu Proyek adalah salah
satu proses yang paling penting dalam Siklus Hidup untuk menentukan proyek ini
di trek. Pengujian dilakukan selama proses mutu harus peta secara langsung ke
persyaratan. Jika tidak, proses tersebut perlu dikaji ulang. Kualitas proses
mencakup semua kegiatan organisasi melakukan yang menentukan kebijakan
kualitas, tujuan, dan tanggung jawab sehingga proyek akan memenuhi kebutuhan
yang dilakukan.
Project Human Resource Management
Manajemen Sumber Daya Manusia dalam
proyek adalah proses mengorganisasikan dan mengelola atau menempatkan orang-orang
yang terlibat dalam proyek, sehingga orang tersebut dapat dimanfaatkan
potensinya secara efektif dan efisien.
Project Communication Management
Manajemen
Komunikasi proyek adalah kompetensi yang harus dimiliki manajer proyek dengan
tujuan utama adalah agar adanya jaminan bahwa semua informasi mengenai proyek
akan sampai tepat pada waktunya, dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan,
disimpan dan diatur dengan tepat pula.
Project Risk Management
Manajemen
risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola
ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia
termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan
mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.
Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak
lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menampung
sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu.
Project Procurement Management
Resource :
- http://manproimam.blogspot.com/2012/01/definisi-manajemen-proyek.html
0 komentar:
Posting Komentar